Jumat, 10 Februari 2012

Baru Install Windows 7 Kok Ngak Bisa di Ping dari luar? ?

Bagi pengguna windows 7 mungkin pernah mengalami hal yang seperti itu. padahal driver network sudah diinstall dan tidak ada masalah bahkan ping keluar sudah ok hingga digunakan untuk berselancar didunia mayapun sudah tidak ada masalah, namun ping dari luar tidak bisa???…..Confused smile Confused smile Confused smile
Untuk troubleshootingnya ada bermacam macam cara yang patut dicoba untuk ditelusuri, diantaranya adalah:Thumbs up
  • pastikan services untuk network tidak dalam keadaan “OFF/STOP/not started” service yang dimaksud adalah : server, TCP/IP NetBIOS Helper & Workstation silahkan klik start di sebelah kiri atas pada services yang disorot jika memang kondisinya OFF.
image
  • cek konfigurasi TCP IP pada komputer Anda apakah sudah sesuai dan satu segmen dengan LAN yang ada?
  • cek firewall apakah ada yang memblok koneksi dari Ethernet Card Anda
  • pastikan Antivirus yang anda gunakan tidak memblok koneksi di Ethernet card, beberapa Anti Virus seperti symantec default nya adalah memblok koneksi yang masuk ke komputer Anda sehingga seolah olah komputer Anda tidak dapat di ping dari luar. padahal dipake internetan lancar jaya… solusinya tinggal di utak atik saja setingan Anti virusnya.
  • coba atur setingan pada network discovery, pastikan bernilai ON agar komputer Anda dapat dilihat / terdeteksi dan dikenali oleh komputerlainnya dalam suatu network.
caranya: Smile
klik sharing option di network, lalu pilih Open Network and Sharing Center
image

pilih Chose homegroup and sharing option
image
pilih change advanced sharing setting
image
silahkan pilih setingan network discovery dan pastikan dalam kondisi ON pada profile network yang Anda gunakan (current profile). Jangan lupa “save changes” untuk merubah setingan di komputer Anda.
image
Catatan : current profile merupakan profile network yang sedang Anda gunakan. biasanya akan muncul ketika Anda membuat jaringan baru pada setingan TCP IP baru pada komputer Anda. yaitu tepatnya ketika pertama kali konek maka akan muncul dialog:
image
ketika Anda memutuskan bahwa network yang Anda gunakan itu masuk ke salah satu profile di atas, maka aturan akan berlaku sesuai dengan aturan yang telah didefinisikan pada sharing option network profiles yang telah diseting sebelumnya.

Source:
http://mugi.or.id/blogs/ariyojatmiko/archive/2011/09/27/baru-install-windows-7-kok-ngak-bisa-di-ping.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar